Gaya Pesta Pernikahan Di Chicago – Mengucapkan janji pernikahan dan saling memakaikan cincin kawin di jari pasangan adalah hal yang umum kita saksikan dalam perayaan pesta pernikahan di Indonesia. Setelah itu, kemudian dilanjutkan dengan makan-makan dan bersalaman atau foto bersama mempelai. Setiap Negara bahkan kota di dunia ini memiliki tradisi unik berkaitan dengan pernikahan. gaya pesta pernikahan yang diusung memang berbeda, beberapa sangat menekankan budaya dan tradisi, sementara beberapa lainnya mungkin lebih santai. Apakah gaya yang diusung merupakan gaya tradisional atau modern, sebenarnya tujuannya adalah sama. Nah, kamu ini kita akan membahas tentang bagaimana gaya pesta pernikahan di Chicago.
Sebagian besar dari pernikahan orang Amerika, termasuk diantaranya adalah di Chicago merupakan pernikahan non-religius. Maksudnya adalah pasangan pengantin menikah secara sipil bukan melalui sakramen gereja. Upacara pernikahan seperti ini biasanya digelar di gedung resepsi atau outdoor. Adapun acaranya, disusun lebih ringan dan tidak terlalu formal seperti upacara pernikahan tradisional. Tidak hanya lebih sederhana, tetap juga syaratnya lebih mudah, karena hanya membutuhkan sedikitnya kehadiran dua orang saksi pernikahan dan pernikahan pun sudah sah secara hukum.
Pasangan pengantin akan bertukar janji pernikahan. Janji ini bisa dari hasil tulisan kedua mempelai, bis ajuga oleh yang disediakan di gereja. Setelah upacara pernikahan selesai dilakukan secara religius atau sipil, kemudian dilanjutkan dengan resepsi. Dalam resepsi ini teman dan keluarga berkumpul untuk makan dan minum serta mendengarkan musik, berdansa, bersulang dan memberi kado pada pasangan pengantin. Pada acara ini juga pasangan pengantin akan menyampaikan pidato ucapan terima kasih dan juga diikuti dengan pidato dari perwakilan tamu undangan mengenai hal yang berkesan tentang pasangan pengantin itu. Setelah upacara dan resepsi pernikahan digelar, selanjutnya diikuti dengan bulan madu mempelai pengantin. Biasanya pasangan pengantin akan memilih sebuah tempat untuk menghabiskan waktu berbulan madu. Adapun tujuan bulan madu yang menjadi favorit pasangan pengantin dari Chicago adalah Hawaii, Meksiko dan kepulauan Karibian.
Perayaan pesta pernikahan di Chicago memang lebih simple dan modern jika dibandingkan dengan kebanyakan perayaan pesta pernikahan di Indonesia. Nah, secara umum, gaya pesta pernikahan di Chicago dilakukan dengan melalui beberapa tahapan atau proses yang diantaranya adalah:
• Mulai dari pertunangan, orang-orang di Chicago bisa memikirkan cara-cara yang unik untuk personalisasi pertunangan mereka. Karena sebenarnya tidak ada tradisi yang terlibat, semakin unik proposal pertunangan dilakukan, makasemakin baik. biasanya tunangan dilakukan secara non formal dimana pria akan memberikan cincin tunangan kepada kekasihnya sebagai symbol ajakan untuk hidup bersama dalam ikatan pernikahan
• Kadang-kadang, pasangan akan menyelenggerakan peresmian pertunangan dengan menggelar pesta. Namun biasanya biaya pesta pertunangan kurang dari resepsi pernikahan karena sebagian besar waktu, menu hanya akan berisi koktail dan hors d’oeuvres. Pada pesta tunangan ini juga biasanya hanya dihadiri oleh orang-orang dekat saja seperti teman dekat dan keluarga saja tanpa melibatkan tetangga atau kerabat jauh.
• Setelah terjadi pertunangan, maka bagi sebagian besar persiapan pernikahan, pasangan akan mengunjungi orang tua mereka untuk memberitahu tentang keterlibatan mereka dalam perencanaan pesta pernikahan yang akan diselenggarakan. Dari sinilah kemudian berbagai persiapan pesta pernikahan mulai dilakukan. beberapa orang mungkin akan melakukan persiapan sendiri, sementara beberapa lainnya mungkin akan mempercayakan rencana pesta pernikahan ini pada seorang wedding planner. Sebenarnya kalau yang ini sih hampir sama dengan yang dilakukan orang-orang di Indonesia ya, melakukan persiapan pesta pernikahan seperti memilih gedung, gaun, catering, cincin nikah dan sebagainya.
• Kebanyakan pihak pengantin wanita akan menyelenggarakan prosesi bridal shower yang diberikan oleh pendamping dan pengiring pengantin. Sementara para pengantin pria mungkin mereka akan menggelar pesta bujangan malam sebelum pernikahan.
• Undangan pernikahan harus mencakup kartu respon cepat yang menginformasikan apakah orang tersebut akan menghadiri undangan ataukah tidak. Tidak seperti di Indonesia yang kebanyakan undangan dibagikan satu minggu menjelang pernikahan, di Chicago biasanya undangan pernikahan dikirim dalam waktu empat sampai enam minggu sebelum tanggal pernikahan.
• Biasanya aka nada makan malam sebelum pesta pernikahan yang melibatkan keluarga mempelai dan pada acara makan malam ini menjadi tanggung jawab pihak keluarga pria dimana semua biaya harus ditanggung oleh pihak keluarga mempelai pria.
• Meskipun Chicago termasuk Negara maju dan modern, namun terdapat fakta penting bahwa ternyata mereka masih pecaya pada ramalan nasib buruk. Mitosnya adalah bahwa pengantin pria melihat pengantin wanita sebelum proses janji suci, maka ini akan berakibat buruk. Oleh karena itu beberapa pasangan masih memastikan bahwa pengantin pria tidak melihat istrinya sampai ia mulai terbangun di lorong. Hal ini masih dipraktekkan bahwa pengantin pria dan pengiring pria memasuki gereja melalui pintu samping. Pengantin wanita kemudian akan berjalan menyusuri lorong dengan ayahnya.
• Selama resepsi resmi diselenggarakan, biasanya ada meja pengantin di mana pasangan dan petugas duduk. Juga, para tamu undangan yang datang harus dilayani dengna baik dengan menyajikan makanan dan minuman yang biasanya disediakan oleh pelayan berjalan.
• Ini hanya beberapa praktek Amerika selama pernikahan, tidak terkecuali juga di Chicago bahwa mereka masih percaya pada janji pernikahan, “Untuk lebih baik atau lebih buruk, hingga kematian memisahkan kita”. Jadi meski mengusung gaya pernikahan seperti apapun apakah secara modern, tradisional, formal maupun non formal, mereka tidak melewatkan untuk saling mengucapkan janji suci pernikahan.
• Dalam beberapa tahun terakhir, segala macam bentuk hiburan dan gaya atau tema pesta pernikahan memang menjadi sangat populer di Chicago. Pernikahan bertema akan tidak hanya unsur keragaman dalam cara pernikahan tradisional saja, tetapi pengantin baru meninggalkan kesan paling jelas dan tak terlupakan. Meskipun tema pernikahan yang dipilih mungkin berbeda, tetapi itu semua tergantung pada kapasitas dan kemauan atau fantasi pesta pernikahan sertiap orang. Salah satu tema yang paling umum dan menjadi pilihan banyak pasangan pengantin di Chicago adalah pernikahan gaya gangster. Perlu dicatat bahwa di Italia Mafia berarti – keluarga. Ini mencerminkan paralel retoris – seperti klan mafia yang kuat serta keluarga baru, dirancang untuk semua kanon gangster yang akan menjadi kuat dan dapat diandalkan. Seluruh pernikahan dijiwai dengan petualangan, intrik dan tentu saja mengeluarkan banyak uang.
Tapi atapun konsep dan tema pesta pernikahan yang dipilih, Wiski selalu menjadi minuman yang mengalir seperti air dan tidak pernah absen dari sebuah pesta pernikahan satu pun di Chicago.
Memang tradisi atau gaya pesta pernikahan di Chicago berbeda dibandingkan dengan gaya pesta pernikahan di Indonesia. Tapi ini bukan berarti kamu tidak bisa mengadopsi dan menggunakan gaya pernikahan di Chicago untuk diaplikasikan dalam pesta pernikahan mu kelah. Tentu saja dengan beberapa penyesuaian di berbagai titik supaya bisa diterima oleh masyarakat khususnya para tamu undangan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s